Visi bagi masa depan Chinatown menghargai masa lalunya

City of Sydney

Sebuah rencana baru untuk meningkatkan dan menghidupkan kembali Dixon Street, Chinatown, telah didukung dengan suara bulat oleh City of Sydney Council.

Konsultasi dengan lebih dari 1.150 penduduk dan bisnis membentuk rencana tersebut, yang mencakup senilai $5 juta untuk menghidupkan kembali Dixon Street Mall, merestorasi gerbangnya yang terkenal, memasang tempat duduk baru dan hamparan lampu kreatif, serta meningkatkan layanan untuk mendukung acara.

Walikota Clover Moore mengatakan bahwa penting bagi Kota untuk bekerja dengan komunitas lokal untuk menghidupkan kembali kawasan bersejarah, terutama setelah dampak Covid-19.

“Komunitas kami di Chinatown merupakan salah satu yang pertama dan paling terpukul oleh pandemi, dan terus menderita sementara pariwisata dan studi internasional belum sepenuhnya kembali,” kata Walikota.

“Sementara kami telah mengaktifkan tempat-tempat umum dengan aman dan mengundang orang kembali untuk merasakan semua yang ditawarkan Chinatown sejak pembatasan Covid dilonggarkan, kami bersemangat untuk memastikan masa depan jangka panjangnya dengan menghidupkan kembali Dixon Street sebagai ruang dinamis bagi banyak orang, kehidupan sehari-hari. dan budaya.

“Masyarakat kami dengan antusias menyambut kesempatan untuk membantu kami membentuk kawasan Dixon Street dan melukiskan perayaan keragaman budaya, makanan, dan sejarah Asia.

“Kita tahu pembaruan Chinatown Gates sangat penting dan ini menjadi fokus bagi kami saat kami melanjutkan rencana kita.”

“Sejak tahun 2010, City telah memulai banyak investasi tempat umum di kawasan bersejarah Chinatown, dengan transformasi besar-besaran di area Haymarket melalui pejalan kaki George Street selatan senilai $43,5 juta, proyek seni masyarakat, dan peningkatan jalan lokal.

“Sekarang melalui perbaikan domain publik yang kami usulkan di pusat Chinatown, kami akan membuat area ini menjadi lingkungan yang lebih menarik bagi orang-orang untuk berjalan-jalan dan menghabiskan waktu, yang pada gilirannya akan mendukung bisnis lokal dan kegiatan ekonomi.”

Penduduk, bisnis, dan pengunjung diundang untuk mengisi survei dan menghadiri forum komunitas dalam bahasa Inggris dan bahasa Asia untuk memastikan mereka menjadi bagian dari rencana kawasan tersebut.

Para kontributor menyoroti kebutuhan untuk mencerminkan keragaman budaya daerah tersebut, meningkatkan pengalaman kuliner dan ritel yang autentik dan terjangkau. Mereka mengatakan penting untuk menghargai warisan dan tradisi Chinatown sambil mengeksplorasi cara baru yang menarik untuk mengekspresikan budaya.

“Kami tahu mayoritas penduduk kami menginginkan keragaman budaya di Dixon Street dilestarikan sambil meningkatkan aktivitas luar ruangan seperti bersantap di tempat terbuka dan acara khusus sebagai bagian dari visi jangka panjang untuk daerah tersebut,” kata Walikota.

“Hibah pengaktivan daerah kami telah memfasilitasi acara-acara seperti Neon Playground yang luar biasa dan kami akan terus bekerja keras untuk menarik orang mengunjungi dan merayakan daerah yang indah dan penting ini.

“Karakter perkotaan Haymarket yang unik dan khas adalah hidup, beragam, dan selalu berubah, dicirikan oleh tempat makan dan belanja, serta merupakan tujuan populer bagi penduduk lokal dan wisatawan. Pengaruh yang tumbuh dari budaya dan komunitas Asia lainnya menambah keragaman bisnis yang semakin meningkat di seluruh wilayah.”

Kota Sydney juga memperbarui rencana domain masyarakat Chinatown tahun 2015 untuk menguraikan perbaikan di masa depan yang menanggapi visi komunitas lokal.

Prioritas jangka panjang utama untuk Haymarket adalah:

• meningkatkan pencahayaan untuk menciptakan suasana yang aman dan berwarna-warni.

• meningkatkan acara, aktivitas, dan bersantap di luar ruangan di jalanan

• lebih banyak tempat duduk

• melestarikan karakter lokal dan warisan budaya

• memperpanjang jam perdagangan untuk meningkatkan kehidupan malam yang berkembang

• lebih banyak seni masyarakat.

Pengelolaan Dixon Street terbagi antara City of Sydney dan Pemerintah NSW, dengan Placemaking NSW mengambil alih Dixon Street di utara antara jalan Goulburn dan Liverpool, dan City of Sydney mengelola area pejalan kaki antara jalan Goulburn dan Hay.

“Kami mendesak Pemerintah Negara Bagian untuk bekerja sama dengan kami untuk memperbaiki Dixon Street utara dan memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dengan sebaik-baiknya,” ujar Walikota.

City of Sydney akan melakukan studi ekonomi di Haymarket untuk membantu mendukung bisnis dan meningkatkan aktivitas di area tersebut serta memulai proses desain untuk peningkatan domain publik awal tahun depan.

Untuk perincian lebih lanjut tentang proyek dan acara City of Sydney di Haymarket dan dukungan untuk bisnis, kunjungi cityofsydney.nsw.gov.au/haymarket-precinct

/Public Release. This material from the originating organization/author(s) may be of a point-in-time nature, edited for clarity, style and length. The views and opinions expressed are those of the author(s).